Basmi Jerawat Akibat Make Up, dengan Cara Simple ini

 
Acne cosmetica adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh penggunaan makeup sehari-hari yang menyumbat pori-pori wajah. Akibat penyumbatan ini, kulit akan memproduksi minyak yang berlebihan dan menyebabkan acne cosmetica. Biasanya jerawat ini akan ditemui di bagian dahi, pipi, dan dagu, berukuran kecil, berwarna putih atau kemerahmudaan.

Namun, bagaimana jika kamu memang harus menggunakan makeup setiap hari? Don’t worry, girls! Dengan menyimak artikel ini, kamu bisa tahu tips merawat kulit wajah yang terekspos makeup setiap hari.

Lesson #1: Bersihkan wajah dengan benar


Jangan menyepelekan kegiatan sederhana yang mungkin hanya memakan waktu 5 menit ini. Pilihlah produk cleanser yang cocok dengan kondisi wajahmu. Kenali jenis kulitmu, apakah kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi ketiganya. Hindari cleanser batangan, karena bentuknya yang padat bisa menyumbat pori-pori wajahmu.

Idealnya, bersihkan wajah kamu dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Di pagi hari, tujuannya adalah untuk bersihkan keringat, air liur, ataupun racun yang dihasilkan ketika tidur di malam sebelumnya. Di malam hari sebelum tidur, tujuannya adalah untuk bersihkan wajah kamu yang sudah seharian dipenuhi debu dan makeup.

Selain jenis produk yang digunakan, bersihkanlah wajah dengan langkah yang benar. Pertama, basahi wajah dengan air hangat. Air hangat sangat baik untuk membantu bersihkan kotoran wajah. Ingat! Jangan terlalu panas, karena malah akan membuat kulit terlalu kering. Kemudian, gunakan cleanser dan pijat wajah dengan gaya memutar sekitar 30 hingga 60 detik, lalu bilas wajah dengan bersih.

Terakhir, keringkan wajah dengan handuk yang lembut dan dengan menepuk ke bagian wajah. Pisahkan handuk wajah dengan handuk badan.

Lesson #2: Makeup removal tetap harus dipakai

Sebenarnya, cleanser saja tidak cukup untuk membersihkan makeup sepenuhnya, terutama untuk concealer dan foundation. Maka itu, sebaiknya kamu terlebih dahulu membersihkan wajah dengan makeup removal, atau yang disebut dengan “pre-cleanse”.

Bila kamu sering kesulitan membersihkan eyeliner atau mascara waterproof, triknya adalah basahi kapas dengan makeup removal. Tempelkan kapas tersebut di bagian mata selama beberapa saat, kemudian baru usap dengan pelan.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggantinya dengan coconut oil, olive oil, ataupun baby oil.

Baca juga: Obat Alami untuk Bersihkan Wajahmu dari Jerawat dan Komedo

Lesson #3: Gunakan masker


Mungkin banyak orang yang selama ini nggak pernah memakai masker dan wajah mereka fine-fine saja. Namun sebenarnya, masker memiliki banyak manfaat, seperti relaksasi wajah, deep cleansing, dan mencerahkan kulit. Nggak hanya itu, clay mask juga sangat berguna untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menyerap minyak berlebihan loh!

Menurut seorang facialist terkenal, Sharon McGlinchey, jika kamu menggunakan clay mask, pastikan jangan mencuci clay mask ketika sudah kering karena justru akan membuat kulit wajahmu dehidrasi dan iritasi. Bersihkanlah ketika sudah sedikit mengering, namun masih terasa kelengketannya.

Lesson #4 Bersihkan Makeup Brush

Makeup brush yang sudah kamu pakai selama berbulan-bulan pasti akan membawa kotoran, debu, bahkan bakteri. Makanya, kamu harus teratur membersihkan brush atau segera mengganti makeup brush yang baru dengan harga murah.

Untuk brush dan puff, setidaknya cucilah dua minggu sekali, dan untuk sponge usahakan setiap minggu sekali. Cara mencucinya nggak susah kok. Kamu cukup membasahi terlebih dahulu dengan air hangat. Setelah dibilas, bersihkan dengan memberikan beberapa tetes shampoo bayi, dan kemudian dibilas lagi dengan air hangat. Terakhir, keringkanlah makeup brush-mu dengan handuk.
LihatTutupKomentar